KEPUASAN PELANGGAN YANG UTAMA

5 Tips Memilih Lampu Taman

5 Tips Memilih Lampu Taman

Pemanas dan lampu – Elemen lampu pada taman sangat penting. Selain memberi penerangan, lampu taman juga dapat mempercantik taman di malam hari. Umumnya di taman orang menggunakan lampu sorot untuk memunculkan karakter tanaman dan bangunan di sekitarnya. Berikut 5 tips memilih lampu taman yang bisa Anda aplikasikan saat akan membeli lampu taman:

  • Hitung besarnya daya
    Untuk memilih transformator yang sesuai, Anda harus menghitung besarnya daya yang diperlukan. Caranya mudah, akumulasikan besarnya daya semua lampu yang ingin Anda pasang kemudian kalikan jumlahnya dengan 115 persen untuk menentukan besarnya daya minimal transformator yang dibutuhkan.
  • Jenis lampu
    Setelah menemukan desain ornamen yang tepat, maka dilanjutkan dengan pemilihan jenis lampu yang sesuai dan berkualitas baik. Bicara soal kesesuaian, disini kita harus mempertimbangkan antara luas taman dengan besaran cahaya lampu. Meskipun fungsi lampu tersebut digunakan untuk menyinari lingkungan taman, tapi bukan berarti suasana taman tampak seperti siang. Lampu taman yang digunakan cukuplah sebatas memberi pencahayaan kecil yang tidak terlalu terang. Karena apabila cahaya yang dihasilkan terlalu terang, justru akan merusak ke-eksotis-an taman. Singkat kata, Sahabat Spectrum harus cerdas dan cermat bagaimana memadukan antara pencahayaan dengan kondisi dan suasana taman, agar menampilkan kesan yang nyaman dan harmonis
  • Pemilihan desain ornamen
    Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menentukan desain ornamen yang tepat. Ornamen yang kita maksud disini tidak lain adalah tiang lampu itu sendiri. Acuan yang kita gunakan adalah konsep daripada taman yang sedang kita olah. Artistika tiang lampu harus benar-benar mengikuti konsep yang tertuang pada dekorasi taman secara universal. Sehingga, nantinya tidak terjadi kesimpangsiuran yang justru merusak kesan taman itu sendiri.
  • Perhatikan Indeks Proteksi (IP)
    da baiknya, sebelum membeli lampu perhatikan Indeks Proteksi (IP) yang terdiri dari angka 2 digit. Angka yang tertulis di awal merupakan indikator perlindungan terhadap unsur-unsur solid. Batasanya dimulai dari angka 0 hingga 6. Sedangkan angka kedua mewakili indikator perlindungan terhadap benda cair. Batasannya dimulai dari angka 0 hingga 8. Semakin kecil kedua angka yang dicantumkan, berarti semakin kecil proteksinya. Misalnya IP 00, yang berarti lampu tidak memiliki proteksi. Untuk lampu taman, sebaiknya gunakan lampu dengan IP 44. Ini berarti lampu tersebut memiliki perlindungan terhadap benda padat yang diameternya lebih dari 1 mm dan juga terlindung dari air yang disemprotkan dari segala arah.
  • Baca petunjuk pemasangan lampu
    Sebelum melakukan pemasangan lampu taman atau kolam, baca terlebih dulu petunjuk yang tertera pada kemasan dari pabrik. Jangan lupa tambahkan filter warna jika memang dibutuhkan. Terakhir, jangan pernah menghubungkan lampu dengan sumber listrik sebelum benar- benar terpasang.

Itulah kelima tips memilih lampu taman yang bisa Anda praktekan. Selain itu selalu pilih berdasarkan kualitas, karena kualitas lampu taman yang bagus akan menjamin usia pakai yang lebih tahan lama.